This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

7 September 2012

10 Kiat Fleksibel Mempertahankan Daya Ingat

   Banyak orang yang mengeluh bahwa mereka mulai mudah lupa akan hal-hal kecil atau mengalami penurunan daya ingat. Sebenarnya, otak tidak pernah kehilangan daya ingat. Otak dapat merekam segala sesuatu seperti halnya komputer. Kehilangan daya ingat sebenarnya bisa terjadi karena kita tidak mempraktikkan untuk mengingat informasi sehingga memori yang kita miliki bisa hilang.
   Otak, seperti bagian tubuh yang lain membutuhkan latihan fisik dan mental serta nutrisi khusus untuk meningkatkan kekuatan daya ingat. Nah, jika anda ingin agar otak dapat berfungsi dengan maksimal, berikut ada 10 hal yang dapat dilakukan untuk menjaga daya ingat tetap baik :

  1. Konsumsi kacang kedelai
      Menurut Prof. Sandra File dari Guy's hospital, London, kacang mengandung isoflavones. Di dalam otak, isoflavones dapat bertindak sebagai reseptor estrogen, terutama dalan hipokampus, area penting untuk memori.
  2. Konsumsi zat besi
      Penelitian di King's College, London dan Universitas Rochester, New York menunjukan bahwa penurunan konsumsi zat besi dapat berdampak terhadap perkembangan IQ dan fungsi kognitif. Dalam hal ini, zat besi memainkan peranan penting dalam mengubah sinyal dalan otak.
  3. Konsumsi kopi
      Kopi dapat meningkatkan penampilan mental dan memori. Hal ini di mungkinkan karena kopi mampu merangsang banyak daerah dalam otak yang dapat mengatur tetap terjaga dan konsentrasi. Hasil penelitian di Universitas Arizona di temukan bahwa orang dewasa yang minum kopi sebelum menjalani test memori menunjukan perkembangan yang signifikan di bandingkan mereka yang minum kopi tanpa kafein.
  4. Konsumsi permen karet
      Para peneliti Jepang menemukan bahwa aktivitas dalam hipokampus mengalami peningkatan saat orang sedang mengunyah permen karet. Tetapi, Dr. Andrew Scholey dari Universitas Nothumbria mengatakan bahwa mengunyah permen karet dapat meningkatkan denyut jantung sehingga memperbaiki oksigen yang di kirim ke otak dan meningkatkan kekuatan kognitif
  5. Konsumsi Ginkgo Biloba
      Ginkgo biloba dikenal dan digunakan sebagai obat penguat daya ingat selama beribu-ribu tahun yang lalu. Menurut Dr. George Lewith, Ginkgo dapat memperbaiki sirkulasi darah ke otak dengan membesarkan pembuluh darah sehingga meningkatkan suplai oksigen
  6. Konsumsi minyak ikan
      Minyak ikan banyak mengandung asam lemak omega 3 yang merupakan komponen penting dari membran sel otak dan dapat memperbaiki kekuatan daya ingat.
  7. Konsumsi Rosemary dan sage
      Minyak dari tumbuhan ini dapat merangsang memori, memperkuat kejernihan dan kesadaran serta membantu menyembuhkan kelelahan mental
  8. Konsumsi Vitamin B
      Vitamin B berfungsi sebagai mengirimkan oksigen ke otak dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan bebas. Vitamin B dapat mempertajam dan meningkatakan daya ingat. Misalnya, niasin atau B3 sangat baik untuk memperkuat otak, B6 penting untuk memproduksi neurotransmiter, dan B12 baik untuk kesehatan otak secara keseluruhan.
  9. Lakukan latihan mental
      Penelitian menunjukan bahwa rangsangan mental dapat menjaga otak tetap sehat dan meningkatkan kekuatan daya ingat. Orang yang memiliki daya ingat bagus cenderung memiliki beberapa keinginan dan dapat mengatasi tantangan latihan mental. Latihan mental dapat dengan menggunakan puzzle, teka-teki, dan minat pada bidang sosial dan budaya.
 10. Lakukan latihan fisik
       Latihan fisik setengah jam sebanyak tiga kali dalam seminggu cukup berdampak pada peningkatan kekuatan otak. Olahraga dapat memperbaiki kemampuan jantung untuk memompa darah lebih efektif

1 Orang Yang Mengomentari Ini:

SamBung Cerita mengatakan...

Makasih ya infonya. Oh ya, ini suplemen peningkat daya ingat: http://on.fb.me/1896FPs :)

Posting Komentar

My Banner

Ilham Pranata Putra™
Rhony09.Blogspot.Com
Otaku Astro - All about Astronomi
BLOGGER INDONESIA Zepti.net - web search engine

Frety Webengine Science Blogs
Science blogs "DiEza Web" Free Backlinks PANDAWA LIMA  blogger widgets link promotion: Free Plugboard Link Banner Button Free Auto Backlinks Free Automatic Backlink Service Add URL Suggest Link Free Automatic Backlink Free Automatic Link Linkon Bedava - Free Backlink Backlink Lists|Free Backlinks Free Automatic Link Free Automatic Link Free Backlinks Free Backlinks Text Backlink Exchanges Text Back Link Exchange NGEBLOG Free Automatic Backlinks Banten Links Blink Links Malaysia Free Backlink Services Back.Links.Lc kaumseni backlink indonesia Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo Vietnam Backlinks Free Backlink Exchange For Seo Travel Backlinks Free Backlinks Free Automatic Google Backlinks - SEO  Dvper Blog Indonesia Photobucket Belajar dan Berbagi Untuk Semua. SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER. Kumpulan Adsen prodiface.com SEPUTAR BLOG INTERNET KOMPUTER DAN BISNIS ONLINE.
Klik cek this out !
AutoBacklinkGratisFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service
Pasang Iklan Anda Disini Pasang Iklan Anda Disini Pasang Iklan Anda Disini Pasang Iklan Anda Disini

My Friend`s