This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

15 Juni 2012

Jadikan Acara Televisi Untuk Berdiskusi Dengan Anak

  
   Disamping bermain dengan teman-teman sebayanya, kegiatan yang paling disukai anak adalah menonton televisi. Bahkan banyak anak yang lebih banyak memilih asyik nonton televisi dari pada bermain dengan teman-temannya. Berapa lama anak boleh menonton televisi, sepenuhnya merupakan kebijakan orang tua untuk menentukan waktunya.
   Penelitian yang dilakukan oleh Yale family Television Research,menemukan beberapa hal, menyangkut durasi menonton. Anak-anak yang menghabiskan menonton lebih banyak, menurut penelitian itu umumnya mempunyai orang tua yang doyan nonton televisi. Makanya sulit bagi orang tua semacam ini untuk membuat batasan, karena mereka sendiri adalah contoh buat anak-anaknya.
   Hasil penelitian, menyebutkan anak-anak yang banyak menyaksikan program fantasi kekerasan menurut gurunya cenderung kurang kooperatif. Mereka juga relatif kurang baik dalam berinteraksi, kurang gembira, kurang imajinatif, serta mempunyai IQ kurang. Sementara untuk film-film kartun umumnya disukai anak-anak, hasil penelitian bahwa anak-anak itu kurang antusias belajar. Sebaliknya, anak-anak yang lebih sedikit duduk didepan layar kaca cenderung lebih berminat dan berpartisipasi pada aktivitas-aktivitas serta mudah bergaul dengan teman-temannya juga keluarganya.
   Meski banyak orang tua khawatir terhadap dampak televisi terhadap anak-anaknya, para ahli juga melihat keuntungan yang bisa dipetik dari kebiasaan menonton televisi. Bahkan minat yang cenderung ilmiah dari anak-anak untuk suka pada program-program televisi bisa dimanfaatkan motivasi anak untuk berfikir, memotivasi anak untuk membaca dan menulis serta memacu kretivitas mereka
   Namun, jangan berharap banyak kalau anak dibiarkan asyik pasif memandangi layar, lalu kreativitas itu akan terbangun dengan sendirinya. Untuk menstimulasi ke arah yang lebih baik, sangat diperlukan partisipasi orang tua dan anak, sudah dua dekade ini, para peneliti, pendidik dan para orang tua sangat perihatin dan menganggap adegan kekerasan yang ada di televisi sebagai penyebab terjadinya kekerasan dalam masyarakat. Memang banyak acara televisi tidak cocok ditonton oleh anak-anak. Film-film yang menceritakan problem adopsi, anak-anak cacat atau problem alkohol, umpamanya sering sekali menarik untuk dilihat. Tak semua kenyataan hidup yang pahit harus disembunyikan dari mata anak-anak, justru disinilah kesempatan orang tua untuk membangun diskusi, dengan pokok pembahasan apa yang disaksikan di televisi. Diskusi sangat penting untuk memberi pemahaman kepada anak-anak.

0 Orang Yang Mengomentari Ini:

Poskan Komentar

My Banner

Ilham Pranata Putra™
BLOGGER INDONESIA Zepti.net - web search engine

Frety Webengine Science Blogs
Science blogs "DiEza Web" Free Backlinks PANDAWA LIMA  blogger widgets link promotion: Free Plugboard Link Banner Button Free Auto Backlinks Free Automatic Backlink Service Add URL Suggest Link Free Automatic Backlink Free Automatic Link Linkon Bedava - Free Backlink Backlink Lists|Free Backlinks Free Automatic Link Free Automatic Link Free Backlinks Free Backlinks Text Backlink Exchanges Text Back Link Exchange NGEBLOG Free Automatic Backlinks Banten Links Blink Links Malaysia Free Backlink Services Back.Links.Lc kaumseni backlink indonesia Auto Backlink Gratis Indonesia : Top Link Indo Vietnam Backlinks Free Backlink Exchange For Seo Travel Backlinks Free Backlinks Free Automatic Google Backlinks - SEO  Dvper Blog Indonesia Photobucket Belajar dan Berbagi Untuk Semua. SEPUTAR BLOG,INTERNET,KOMPUTER. Kumpulan Adsen prodiface.com SEPUTAR BLOG INTERNET KOMPUTER DAN BISNIS ONLINE.
Klik cek this out !
AutoBacklinkGratisFree Promotion LinkFree Smart Automatic BacklinkMalaysia Free Backlink Services MAJLIS LINK: Do Follow BacklinkLink Portal Teks TVjapanese instant free backlink Free Plugboard Link Banner ButtonFree Automatic Backlink Service

My Friend`s

Follow by Email